Asah Mental Pecandu, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Luncurkan Program Layanan Rehabilitasi

HIDUPKAN HARAPAN: Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan sukses meluncurkan program layanan rehabilitasi. (Hairul Anam/PWI Pamekasan)

pwipamekasan.or.id | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan meluncurkan program layanan rehabilitasi pemasyarakatan, Senin (13/5/2024).

Program tersebut menyasar warga binaan pemasyarakatan pada lembaga pemasyarakatan narkotika Kelas IIA Pamekasan.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kepala Lapas (Kalapa) Yhoga Aditya Ruswanto menegaskan, program tersebut salah satunya bertujuan untuk mengasah mental para pecandu narkotika.

Rehabilitasi ini semacam bentuk upaya yang dilakukan dengan memberikan pendampingan bagi mereka yang mengalami gangguan mental akibat dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Diharapakan, program rehabilitasi dapat membantu individu yang tergabung dalam kelompok penyalahguna narkoba agar dapat meninggalkan kecanduan dan mengembalikan hidupnya seperti semula.

“Program rehabilitasi narkoba juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para klien, termasuk di dalamnya adalah tentang cara mengatasi masalah sosial dan psikologis yang mendasari perilakunya,” tegasnya.

Acara pembukaan program rehabilitasi dilangsungkan di lapangan Kelas IIA Pamekasan. Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan penampilan Swara Pastika Band serta penampilan musik tradisional dan tari tradisional.

Di sela-sela acara, dilangsungkan penyerahan CSR oleh BRI Pamekasan, yakni berupa bantuan pemasangan kanopi masjid di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan. (*/rul)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *