Ketua JCP Turun Langsung Gembleng Santri Belajar Analisis Berita

DEMI GENERASI EMAS: Ketua JCP Achmad Jadid (kanan) tampak telaten membimbing peserta literasi jurnalistik dan media digital. (Nurul Ulum/PWI Pamekasan)

pwipamekasan.or.id | Ketua Jurnalis Center Pamekasan (JCP) Achmad Jadid memberikan materi tentang literasi jurnalistik dan media digital. Itu berlangsung di acara Seminar Jurnalistik oleh Ikatan Santri Ma’had Al Ittihad Al-Islami Camplong, Sampang, Selasa (3/9/2024).

Ratusan santri putra dan putri terlibat jadi peserta. Mereka dibimbing secara telaten oleh Jadid—panggilan akrab Achmad Jadid.

Jadid menegaskan, acara tersebut selaras dengan program yang saat ini tengah digaungkan oleh JCP, yaitu Goes to School and Pesantren.

Bacaan Lainnya

“Kami secara masif menggaungkan literasi jurnalistik dan media digital ke lembaga-lembaga pendidikan. Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang jurnalistik,” ucap Jadid.

Dikatakannya, belajar literasi jurnalistik dan media digital sangat penting di era informasi ini. Dengan memahami cara kerja media dan teknik jurnalistik, seseorang dapat lebih kritis dalam menilai informasi yang diterima. Muaranya, itu membantu menghindari penyebaran berita palsu atau hoaks yang sering meresahkan publik.

“Literasi jurnalistik memungkinkan seseorang untuk menilai keakuratan dan kredibilitas sumber berita. Dalam dunia di mana informasi dapat dengan mudah dipalsukan atau dimanipulasi, kemampuan ini menjadi sangat berharga untuk memastikan bahwa berita yang diterima adalah benar dan terpercaya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah penyampaian materi jurnalistik, para santri langsung diajak praktik untuk menganalisa suatu berita tentang struktur berita dan jenis berita. (rul/nam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *