Humanitas Madura; Kajian Sosiologi Sastra Lisan

Madura dalam telaah positif. Itulah yang bisa kita rasakan saat membaca buku ini. Karya sastra lisan tersublim dalam karya tulis yang sungguh menggugah.

Kajian terhadap sastra lisan tidak akan lepas dari kehidupan masyarakat tempat karya sastra itu dilahirkan.

Karya sastra, baik lisan maupun tulis akan selalu memotret, menggambarkan, bahkan menelanjangi sastra estetis persoalan-persoalan yang terjadi di suatu masyarakat tempat dilhirkannya karya sastra tertentu.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, apresiasi humanitas Madura ini berupaya mengangkat nilai-nilai kehidupan sosial budaya pada masa lalu, dan bahkan mungkin yang akan datang.

Buku karya Budayawan Madura Muhammad Tauhed Supratman ini memperlihatkan tentang sikap, perilaku, nilai-nilai humanitas baik lokal maupun universal.

Nilai-nilai tersebut dapat kita jadikan bahan renungan, kajian, telaah, dan bahkan refleksi diri bagi masyarakat Madura yang hidup di era digital saat ini.

Buku ini menjadi buku pertama yang membahas hubungan sastra dengan masyarakat Madura.

Mahasiswa dan para pakar dari berbagai disiplin ilmu yang ingin memahami humanitas masyarakat Madura dapat mengambil manfaat dari buku ini.

Karya Dosen Universitas Madura (Unira) ini menghadirkan gambaran utuh orang Madura, bahwa orang Madura tidak seperti yang digambarkan oleh peneliti dari luar Madura, yang hanya menggambarkan sisi negatif kehidupan orang Madura.

Kehadiran karya sastra Madura, baik lisan maupun tulis akan mengawal pergulatan manusia dalam upaya pemartabatan kemanusiaannya.

Data Buku

Judul: Humanitas Madura (Kajian Sosilologi Sastra Lisan)

Penulis: Muhammad Tauhed Supratman

Penerbit: CV Oase Pustaka, Surakarta

Tebal: 174 halman

Tahun Terbit: Juni 2020

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *