Terungkap di Musrenbang Pamekasan: Jatim Turunkan Angka Kemiskinan Tertinggi di Indonesia

BERKEMAJUAN: Saat menghadiri Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 Pamekasan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Jatim Mohammad Gunawan Saleh mengungkapkan menurunnya angka kemiskinan di Jatim. (Hairul Anam/PWI Pamekasan)

pwipamekasan.or.id | Pj. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono, melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Mohammad Gunawan Saleh mengungkapkan menurunnya angka kemiskinan di Jatim, Selasa (26/3/2024).

”Dan Pamekasan turut berkontribusi dalam menekan angka kemiskinan tersebut,” terang Gunawan saat sambutan di Musrembang di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

Musrembang kali ini mencakup rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Pamekasan Tahun 2024-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pamekasan Tahun 2025.

Dijelaskan Gunawan, Jatim tertinggi turunkan angka kemiskinan di Indonesia. Itu terhitung dari Maret 2021 hingga Maret 2023. Yakni, tembus angka 383,92.

Fakta tersebut melampaui Jawa tengah dan Jawa Barat yang masing-masing turun 318,21 dan 306,74. Termasuk Lampung dan Sumatera Utara yang masing-masing 113,26 dan 104,15.

Dalam kesempatan itu, Gunawan juga menyampaikan enam arahan Menteri Dalam Negeri: 1). perencana yang berintegritas dan memuliakan efesiensi; 2). pembangunan berorientasi hasil; 3). tingkatkan PAD untuk kemandirian fiskal; 4). mewujudkan pemerintahan yang ramah investasi; 5). pendidikan dan kesehatan jalan menuju kesejahteraan.

”Dan yang keenam ialah pelayanan publik untuk mewujudkan keadilan,” tukasnya. (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *