PPP Tetap Jadi Pemenang, Siapa Ketua DPRD Pamekasan?

pwipamekasan.or.id | Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali menjadi pemenang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Pamekasan. Partai berlambang Ka’bah itu memperoleh tujuh kursi dengan mengumpulkan 109.518 suara. Dengan begitu, PPP akan mendapatkan jatah ketua DPRD Pamekasan periode 2024-2029.

Ketua DPC PPP Pamekasan RP Wazirul Jihad mengatakan, pihaknya masih belum merapatkan mengenai nama-nama yang akan diusulkan menjadi calon ketua DPRD Pamekasan. Sebab, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. Selain itu, hasil dari pemilihan anggota legislatif (pileg) tingkat kabupaten belum ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Penentuan ketua DPRD itu porsinya DPP PPP. Akan tetapi, kalau kelengkapan dewan lainnya, kami biasanya menentukan melalui rapat DPC PPP. Penilaiannya melalui rapat tertutup partai,” jelasnya, Selasa (12/3/2024).

Bacaan Lainnya

Mantan ketua Lesbumi Pamekasan itu menyebut, mekanisme dalam penentuan ketua DPRD itu melalui dua cara; pengusulan rekomendasi dan fit and proper test. Hal itu mengacu pada proses pengisian jabatan ketua DPRD pada periode 2019-2024 lalu.

“Kami masih belum menentukan siapa saja yang akan diusulkan menjadi ketua DPRD. Kami masih menunggu ketetapan formal, biasanya DPW PPP meminta beberapa nama yang akan disetorkan kepada DPP,” tegasnya.

Menurut Ra Wazir, tujuh orang yang dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Pamekasan dari PPP itu sama-sama memiliki peluang untuk menjadi ketua. Bahkan, Halili, yang saat ini tengah menjabat ketua DPRD, tidak memiliki jaminan akan terpilih kembali.

“Kalau komunikasi dengan caleg terpilih sudah ada dari awal. Kalau soal jatah ketua DPRD-nya masih belum,” tukasnya.

Diketahui, perolehan kursi PPP Pamekasan pada Pemilu 2024 menurun dibandingkan pemilu sebelumnya, yakni dari 12 kursi menjadi tujuh kursi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *