JCP Goes to School Menuai Banyak Apresiasi

INSPIRATIF: Para pemateri dan pengurus JCP foto bersama peserta di MAN 2 Pamekasan. (Ist/PWI Pamekasan)

pwipamekasan.or.id | Jurnalis Center Pamekasan (JCP) menggelar program Goes to School di Aula MAN II Pamekasan, Jalan Raya KH. Wahid Hasyim, Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jumat (8/3/2024).

Goes to School kali ini, JCP berkerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten dengan melibatkan lima lembaga. Meliputi, MTsN 1 Pamekasan, MTsN 2 Pamekasan, MTsN 3 Pamekasan, MAN 1 Pamekasan, dan MAN 2 Pamekasan.

Kegiatan dengan tema “Literasi Digital dan Jurnalistik” ini mendatangkan pemateri berintegritas, meliputi Kepala Bidan Informatika dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Pamekasan Arif Rachmansyah dan Mulyadi Izhaq selaku penasihat JCP.

Bacaan Lainnya

Ketua JCP Achmad Jadid mengatakan, JCP Goes to School merupakan kegiatan yang sifatnya mengedukasi para pelajar, dengan cara mendatangi lembaga-lembaga pendidikan.

“Goes to School bertujuan untuk memberikan bekal tentang pengetahuan digital dan prinsip-prinsip dasar jurnalistik kepada peserta didik atau pelajar,” terang pemuda yang juga pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan itu.

Dikatakannya, pelatihan tersebut sangat penting diberikan kepada pelajar. Sebab, di era yang serba digital ini para pelajar akan sangat mudah mengakses berbagai informasi melalui HP androidnya.

“Oleh karena itu, kami bekali mereka dengan literasi digital dan prinsip-prinsip dasar jurnalistik. Muaranya, mereka bisa mengetahui kebenaran informasi yang mereka terima dan tidak mudah termakan informasi bohong alias hoaks,” ucapnya.

Kepala Kemenag Pamekasan Mawardi mengapresiasi kegiatan Goes to School yang diinisiasi JCP. Menurutnya, program literasi digital dan jurnalistik merupakan pengetahuan baru dalam dunia pendidikan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya dan bangga serta sangat berterima kasih pada kegiatan yang sangat luar biasa ini yang diinisiasi oleh JCP ini menjadi varian baru dalam dunia pendidikan kita, di mana kawan-kawan jurnalis benar-benar goes to school, yang sebelumnya mungkin ada jarak dengan peserta didik dan lembaga tetapi hari ini bisa melebur,” katanya.

“Bagaimana menyajikan ilmu baru digital ini bagi siswa madrasah sehingga saya patut berterima kasih kepada jurnalis center Pamekasan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Pamekasan Mohammad Holis mengatakan, bahwa kegiatan JCP Goes to School tersebut sangat luar biasa. Menurutnya, kegiatan ini bisa masuk pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di tingkat MTs dan MA.

“Ini bisa masuk ke KKM baik MTs, MTs ini misalnya ada 14 KKM jadi 14 KKM ini persatu titik KKM itu bisa mengadakan kegiatan seperti ini. Aliyah misalnya ada 9 KKM atau bisa kecil lagi setiap KKM bisa mengadakan,” ucapnya.

Kata pria bergelar doktor itu, pihaknya sangat  tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang diinisiasi oleh JCP.

“Bahkan, andai kata saya bisa minta pelaksanaan ini di rumah juga bisa dilaksanakan kegiatan seperti ini, karena sangat bermanfaat. Jadi sangat bermanfaat dan ini perlu diteruskan, dan tentunya atas kebijakan Kemenag. Karena kegiatan ini bisa menjadi KKM MTs dan MA,” pungkasnya. (jp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *